Informasi Kode Bank Indonesia yang digunakan saat transaksi transfer antar ATM.Meliputi kode bank bri syariah,kode bank btn,kode bank bni syariah,kode bank bjb,kode bank bri ke bca,kode bank cimb niaga,kode bank bri simpedes,kode bank bri ke bni.

Saturday, February 24, 2018

Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa

Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa - Hallo sahabat Kumpulan Informasi Kode Bank Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Analisa usaha, Artikel Bisnis, Artikel Cuci sofa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa
link : Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa

Baca juga


Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa

Peluang usaha jasa cuci sofa saat ini masih terbilang sangat menjanjikan, terlebih lagi untuk wilayah kota besar seperti Jakarta dan kota penyangga ibukota seperti Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, Cikarang, Karawang dan sekitarnya. Begitu juga untuk kota-kota besar seperti Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya dan beberapa kota besar diluar jawa seperti Makasar, Pontianak, Medan, Palembang, dan kota-kota besar lainnya.

Peluang bisnis cuci sofa
Proses mencuci sofa

Kenapa saya katakan sangat menjanjikan? sebab bisnis cuci sofa itu pada dasarnya hampir mirip dengan bisnis laundry pakaian. Setiap orang pasti punya pakaian dan setiap orang pasti membutuhkan pakaian, begitu juga dengan sofa. Setiap rumah memiliki sofa, dan setiap rumah pasti butuh sofa, bukan hanya rumah tinggal saja, kantor, hotel, pabrik, toko, apartemen, dan hampir semua tempat yang dihuni oleh manusia pasti butuh sofa.

Sofa ketika masih baru memang tampak bersih dan indah, tapi kalau sudah dipakai untuk beberapa lama tentu sudah tidak bersih lagi, dan berubah menjadi kotor, berdebu, bahkan jamuran dan berbau. Kalau sudah seperti itu solusi termudah dan termurahnya adalah dicuci.

Jika anda memiliki peralatan cuci sofa, chemical pencuci sofa, dan sedikit ketrampilan dibidang tersebut, anda tidak perlu memanggil jasa layanan cuci sofa. Tapi jika anda tidak memiliki semua itu, jalan satu-satunya yaitu dengan memanggil dan menggunakan jasa cuci sofa yang ada didekat tempat tinggal anda.

Kenapa harus yang didekat tempat tinggal? karena selain respon dan proses perjalanan lebih cepat, ketika terjadi ketidakpuasan dengan hasil kerjanya, anda bisa dengan mudah melakukan complaint terhadap penyedia jasa cuci sofa tersebut. Berbeda jika anda menggunakan jasa cuci sofa yang jauh dari tempat tinggal anda, misalnya anda tinggal di Bandung, kemudian anda memesan jasa cuci sofa dari Jakarta. Tentu responnya akan lebih lama, karena proses perjalanan Jakarta-Bandung juga tidak sebentar, selain itu jika anda kurang puas dengan hasil kerjanya, pasti akan sulit melakukan komplain, dan belum tentu juga penyedia jasa cuci sofa jauh-jauh dari Jakarta ke Bandung hanya untuk mengerjakan complain  saja.


Peluang bisnis jasa cuci sofa

 Kembali pada pembahasan awal mengenai peluang bisnis cuci sofa, jika anda pernah menggunakan layanan jasa cuci sofa, mungkin anda akan tertarik untuk ikut menggeluti bisnis dibidang tersebut. Pasalnya peralatan yang digunakan cukup sederhana, proses pengerjaanya pun kalau dilihat terbilang mudah, dan waktu pengerjaan juga bisa dikatakan cepat. Terlebih lagi ongkos atau biaya untuk pencucian sofa juga lumayan, jadi pasti keuntungannya juga lumayan besar.

Jika anda tertarik untuk menggeluti bidang cuci sofa, hal pertama yang harus anda lakukan tentu adalah mempelajari terlebih dahulu tentang seluk beluk usaha cuci sofa. Anda harus tahu bagaimana caranya mencuci sofa, langkah-langkah dan urutan pengerjaan cuci sofa, peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci sofa, dan bahan atau chemical apa saja yang bisa digunakan untuk mencuci sofa.

Sebab tanpa mempelajari dan mengetahui seluk beluk tentang bisnis cuci sofa, tentu akan sangat sulit untuk membangun sebuah bisnis cuci sofa yang profesional dan mampu bersaing dengan kompetitor yang saat ini jumlahnya semakin banyak.

Sudah banyak orang yang berhasil dan sukses dibidang usaha cuci sofa, tapi tidak sedikit pula orang yang gagal menggeluti usaha ini. Biasanya orang yang gagal tersebut selain kurang ulet dan kurang motivasi, mereka juga hanya sekedar coba-coba atau modal nekat saja. Langsung memutuskan untuk terjun dibidang cuci sofa, padahal mereka tidak memiliki basic, pengetahuan, dan kemampuan yang mumpuni dibidang tersebut.

Menurut informasi yang kami dapatkan melalui wawancara langsung dengan salah seorang penyedia layanan jasa cuci sofa bekasi, omzet yang mereka dapatkan dari bisnis cuci sofa per bulannya ketika sedang ramai bisa mencapai 30 juta rupiah, sedangkan pada saat sepi penghasilan perbulannya minimal 10 juta rupiah. Bagaimana cukup menjanjikan bukan?

Selain omzet yang lumayan besar, modal pertama dalam membuka usaha cuci sofa tidak terlalu besar, maksudnya masih dapat dijangkau oleh kalangan menengah kebawah. Bahkan untuk modal awal mungkin tidak sampai 30 juta, jadi omzet dalam satu bulan sudah bisa untuk menutupi modal awal (sudah balik modal hanya dalam waktu 1 bulan saja).

Menurut pengakuan Bapak Supriyanto, S. Kom. selaku pemilik jasa cuci sofa bekasi yang diberi nama Jasa Utama Sofa, beliau pertama kali mulai terjun kebidang cuci sofa pada akhir tahun 2008, jadi kalau dihitung sampai sekarang sudah sekitar hampir 10 tahun, jadi sudah cukup pantas dan layak untuk dijadikan narasumber sekaligus pembimbing bagi mereka enterpreneur muda yang berminat untuk membuka usaha cuci sofa dan cuci springbed.

Jika anda berminat untuk mencoba menggunakan jasa cuci sofa silahkan menghubungi Jasa Utama Sofa melalui website resminya di www.jasacucisofa.com. Diwebsite tersebut sudah lengkap tersedia nomor telepon yang bisa dihubungi, nomor WA, dan Pin BBM. Anda bisa konsultasi dan bertanya langsung mengenai perihal permasalahan sofa kotor.

Di situs jasa utama sofa juga tersedia beberapa artikel tentang cuci sofa, dan daftar harga layanan cuci sofa, cuci springbed, cuci karpet, cuci jok mobil, cuci kursi kantor, dan bahkan cuci bantal. Sebab biasanya penyedia jasa cuci sofa juga melayani beberapa jasa seperti yang saya sebutkan tadi, jadi tak hanya melayani cuci sofa saja.

Analisa usaha cuci sofa

Analisa usaha cuci sofa
Proses pencucian sofa
Dilansir dari situs jasacucisofa.com kita dapat melihat daftar harga layanan secara lengkap, adapun rincian harganya adalah sebagai berikut:


  1. Biaya cuci sofa = Rp. 45.000/ seat (dudukan)
  2. Biaya cuci springbed ukuran 200 cm X 200 cm = Rp. 220.000
  3. Biaya cuci springbed ukuran 180 cm X 200 cm = Rp. 200.000
  4. Biaya cuci springbed ukuran 160 cm X 200 cm = Rp. 180.000
  5. Biaya cuci springbed ukuran single = Rp. 140.000
  6. Biaya cuci springbed sorong = Rp. 250.000
  7. Biaya cuci jok mobil = Rp. 45.000/ seat
  8. Biaya cuci kursi kantor = Rp. 25.000/ seat
  9. Biaya cuci sofabed = Rp. 160.000
  10. Biaya cuci karpet kantor = Rp. 10.000/ meter
  11. Biaya cuci karpet gulung = Rp. 15.000/ meter
  12. Minimum order (minimum transaksi) = Rp. 180.000
Dilihat dari daftar harga diatas jika anda bisa mengerjakan minimal 2 springbed setiap harinya, maka penghasilan anda sekitar Rp. 400.000 - Rp. 500.000 per hari. Jadi dalam satu bulan penghasilan anda adalah sekitar: 400.000 x 30 = Rp. 12.000.000 sampai 500.000 x 30 = Rp. 15.000.000.

Itu hanya untuk 2 buah springbed saja, bayangkan jika dalam satu hari anda bisa mencuci 5 buah springbed? Dalam satu hari anda bisa mengantongi omzet sebanyak 1 juta rupiah, itu baru springbed, belum sofa, jok mobil, karpet, kursi kantor, dan yang lainnya.

Untuk 1 armada biasanya terdiri dari 2 orang, jadi jika anda ingin membuka usaha cuci sofa, minimal harus merekrut 1 orang pegawai/ karyawan. Untuk masalah gaji karyawan, silahkan anda atur sendiri, bisa dengan gaji bulanan atau dengan prosentase. Menurut informasi yang kami peroleh dari jasa utama sofa, prosentase gaji karyawan adalah 25% dari total transaksi dipotong biaya operasional (bensin dan makan siang).

Jika bisnis cuci sofa anda sudah berkembang dengan baik, dan memiliki 3 atau 4 armada, artinya anda sudah memiliki 8 orang karyawan, tentu saja omzet akan lebih besar lagi, dan pengeluaran pun juga menjadi lebih besar, karena anda harus menggaji 8 orang karyawan. Jika sudah demikian tentu anda harus belajar memanajemen bisnis cuci sofa tersebut agar bisa terus berkembang.

Analisa modal usaha cuci sofa


1. Modal untuk membeli 1 buah vacuum cleaner (MultyVac sedot bilas) sebesar Rp. 3.000.000 sampai Rp. 5.000.000, tergantung merk dan fiturnya.

2. Modal untuk membeli perlengkapan lainnya seperti spons, sikat, kanebo, pledge, dan lain-lain sebesar Rp. 1.000.000


3. Modal untuk membeli chemical cuci sofa, parfum, anti septic, dan anti noda sebesar Rp. 1.000.000

4. Modal motor bebek atau matic untuk operasional, disini saya tidak akan mengkalkulasi harga motor, karena harganya relatif berbeda, tergantung dari merk dan tipe motor tersebut. Jadi disini saya ibaratkan anda sudah memiliki motor untuk operasional.

5. Modal handphone dan nomor telepon, disini saya anggap anda sudah memiliki HP dan nomor telepon

6. Modal untuk promosi/ iklan sebesar Rp. 2.000.000 atau tergantung bagaimana cara anda mempromosikan bisnis cuci sofa tersebut. Anda bisa mempromosikan melalui website, google adword, brosur, stiker, atau plang dari triplek yang ditempel dipinggir jalan. Jadi untuk biaya promosi saya ambil longgarnya saja yaitu sebesar 2 juta rupiah.

Jika di total maka biaya modal awal keseluruhan adalah sebesar Rp. 7.000.000 - Rp. 9.000.000, jadi tidak sampai 1 bulan usaha anda sudah balik modal, selebihnya anda tingga mencari keuntungan.

Itu untuk modal awal atau modal perdana, sedangkan untuk modal berjalan yang harus anda keluarkan adalah untuk membeli peralatan pendukung cuci sofa, chemical, pledge, parfum, anti septic, dan anti noda. Sedangkan untuk perawatan vacuum cleaner saya rasa cukup dilakukan setiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali. Biaya servicenya pun juga tidak terlalu mahal.

Selain itu modal berjalan lainnya adalah untuk membeli pulsa handphone, kuota internet, bensin, service motor, dan media promosi. Jika ditotal biaya modal bulanan tersebut adalah sekitar 1 juta sampai 2 juta setiap bulannya.

Untuk analisa selebihnya silahkan anda hitung dan analisis sendiri, disini saya hanya memberikan gambaran saja mengenai analisa usaha, peluang, dan modal awal bisnis jasa cuci sofa. Semoga bermanfaat.



Demikianlah Artikel Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa

Sekianlah artikel Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa dengan alamat link https://kodebankbnisyariah.blogspot.com/2018/02/analisa-usaha-dan-peluang-bisnis-jasa.html
Analisa Usaha Dan Peluang Bisnis Jasa Cuci Sofa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hayam Wuruk