Informasi Kode Bank Indonesia yang digunakan saat transaksi transfer antar ATM.Meliputi kode bank bri syariah,kode bank btn,kode bank bni syariah,kode bank bjb,kode bank bri ke bca,kode bank cimb niaga,kode bank bri simpedes,kode bank bri ke bni.

Monday, April 23, 2018

Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI

Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI - Hallo sahabat Kumpulan Informasi Kode Bank Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bank BRI, Artikel KUPEDES, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI
link : Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI

Baca juga


Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI

KUPEDES BRI adalah singkatan dari Kredit Usaha Pedesaan dari Bank BRI, sebab seperti kita ketahui bersama bahwa bank BRI selaku bank milik pemerintah mengeluarkan beberapa variant kredit atau pinjaman uang bagi para nasabah yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah.

Syarat dan cara pengajuan kupedes bri
Kupedes BRI

Pinjaman KUPEDES merupakan pinjaman dari bank BRI dengan suku bunga yang kompetitif dan ditujukan kepada seluruh masyarakat umum, khususnya yang tinggal di wilayah pedesaan. Karena sesuai dengan namanya yaitu KUPEDES yang artinya Kredit Usaha Pedesaan, meskipun tidak menutup kemungkinan masyarakat perkotaan juga dapat mengambil pinjaman kupedes tersebut.

Selain pinjaman KUPEDES, bank BRI juga memiliki kredit atau pinjaman lain seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Untuk masalah suku bunga, KUR masih menjadi yang paling ringan. Tapi untuk masalah kemudahan dalam hal proses pengajuan pinjaman, KUPEDES masih menjadi yang terdepan.

Syarat dan cara mengajukan kredit/ pinjaman KUPEDES Bank BRI 

Untuk dapat meminjam uang di Bank BRI melalui pinjaman KUPEDES, anda harus mempersiapkan beberapa berkas dan persyaratan yang dibutuhkan guna mempermudah dan memperlancar proses pengajuan. Adapaun syarat dan cara pengajuan kredit pinjaman kupedes adalah sebagai berikut:

Syarat pengajuan pinjaman KUPEDES BRI

1. Fotocopy KTP (Suami dan Istri bagi yang sudah menikah)
2. Buku nikah suami dan istri
3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
4. Pas foto suami ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
5. Pas foto istri ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
6. Surat pengajuan pinjaman dari kantor kelurahan
7. Surat keterangan usaha dari kantor kelurahan
8. Sertifikat rumah, sertifikat tanah, Akta jual beli, atau BPKB mobil sebagai agunan

Keterangan: 

1. Untuk agunan baik itu sertifikat, AJB, ataupun BPKB adalah milik orang lain (bukan milik anda) maka sebaiknya anda melampirkan fotocopy suami dan istri dari si pemilik agunan tersebut, selain itu sebaiknya juga melampirkan fotokopi surat nikahnya.

2. Jika terdapat perbedaan identitas baik itu nama, alamat, tanggal lahir, atau yang lainnya antara agunan dengan KTP, yang disebabkan karena salah cetak atau kesalahan teknis lainnya, maka anda dapat meminta surat keterangan beda nama atau beda identitas yang menyatakan bahwa nama atau identitas yang tercantum di KTP dan di Sertifikat/ BPKB adalah merupakan orang yang sama. Surat keterangan beda nama tersebut dapat diperoleh di kantor kelurahan.

Untuk pinjaman KUPEDES BRI memang mengharuskan adanya agunan berupa sertifikat, AJB, atau BPKB mobil, berbeda dengan KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang tidak memerlukan agunan, tetapi harus memiliki slip gaji dari perusahaan/ instansi.

KUPEDES ini mungkin cocok untuk para petani, peternak, dan wiraswasta seperti pedagang dan pengusaha kecil lainnya. Sedangkan untuk pinjaman KTA lebih cocok untuk pegawai negeri, guru, dan karyawan swasta yang memiliki slip gaji dan penghasilan bulanan tetap.

Cara pengajuan pinjaman KUPEDES BRI

1. Datang ke kantor unit Bank BRI di bagian customer service untuk menanyakan soal pengajuan pinjaman KUPEDES BRI, biasanya petugas CS BRI akan menjelaskan persyaratannya dan memberikan formulir pinjaman KUPEDES untuk dilengkapi.

2. Melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan, termasuk mencari surat keterangan usaha dan surat pengajuan pinjaman di kantor kelurahan.

3. Menyerahkan berkas-berkas persyaratan pengajuan ke bagian customer service bank BRI, petugas akan mengecheck kelengkapan berkas tersebut, jika dirasa sudah lengkap maka anda akan diminta untuk pulang dan menunggu survey dari petugas bank BRI

4. Menunggu kedatangan petugas bank BRI melakukan survey kerumah anda, biasanya survey akan dilakukan selang waktu 2 hari kerja (tidak termasuk hari libur nasional dan hari sabtu-minggu) setelah anda menyerahkan berkas ke bank BRI. Survey bisa dilakukan secara tiba-tiba atau bisa juga dikabari terlebih dahulu oleh petugas bank BRI. Jadi setelah melakukan pengajuan pinjaman sebaiknya anda jangan bepergian jauh terlebih dahulu, karena ditakutkan petugas survey dari bank BRI akan datang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika terpaksa harus bepergian, paling tidak  harus ada yang standby di rumah.

5. Pada saat dilakukan survey kerumah, petugas Bank BRI akan melakukan wawancara singkat terkait usaha anda, tujuan pengajuan pinjaman, agunan, dan beberapa pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan persyaratan pengajuan pinjaman KUPEDES BRI.

6. Setelah proses survey, anda akan diminta untuk menunggu beberapa hari sampai pihak Bank BRI menyatakan proses pengajuan pinjaman KUPESDES disetujui atau tidak. Jika disetujui biasanya pegawai bank akan menelepon anda, dan anda akan diminta datang ke unit bank BRI dimana anda mengajukan permohonan dengan membawa beberapa persyaratan seperti materai 6000 sebanyak 6 lembar.

7. Untuk memperlancar proses pencairan dana KUPEDES, sebaiknya anda sudah menyiapkan semua persyaratan yang harus dibawa, termasuk mengajak suami atau istri dan pemilik agunan (sertifikat) jika agunan yang anda gunakan adalah sertifikat milik orang lain.

8. Pada saat pencairan pinjaman KUPEDES anda akan diminta menandatangani beberapa dokumen yang jumlahnya lumayan banyak, kalau tidak salah ada sekitar 10 dokumen yang harus anda tanda tangani. Proses pencairan biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam saja.
Baca Juga: Berita Teknologi Terbaru

Setelah pinjaman KUPEDES berhasil dicairkan, biasanya tidak semua uang yang anda ajukan akan cair. Misalnya anda mengajukan pinjaman 20 juta dan diangsur selama 24 bulan (2 tahun), maka uang yang anda terima adalah sekitar 19 juta saja (tidak full 20 juta). Nah kekurangannya tersebut sebagai jaminan atau cadangan jika sewaktu-waktu anda mengalami keterlambatan setoran, dan jika anda rutin membayar setoran setiap bulannya, maka uang cadangan tersebut nanti akan dikembalikan (dibayarkan) kepada anda pada saat setoran terakhir.

Pembayaran setoran bulanan ini bisa dilakukan secara manual (setoran tunai) atau bisa juga melalui auto debit, artinya setiap bulannya pada saat tiba tanggal setoran, saldo ATM (rekening BRI) anda akan terpotong secara otomatis untuk mebayar setoran pinjaman tersebut.



Demikianlah Artikel Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI

Sekianlah artikel Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI dengan alamat link https://kodebankbnisyariah.blogspot.com/2018/04/syarat-dan-cara-pengajuan-pinjaman.html
Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hayam Wuruk