Informasi Kode Bank Indonesia yang digunakan saat transaksi transfer antar ATM.Meliputi kode bank bri syariah,kode bank btn,kode bank bni syariah,kode bank bjb,kode bank bri ke bca,kode bank cimb niaga,kode bank bri simpedes,kode bank bri ke bni.

Friday, February 9, 2018

Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial

Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial - Hallo sahabat Kumpulan Informasi Kode Bank Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blog, Artikel Potensi blog, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial
link : Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial

Baca juga


Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial

Sebagai seorang generasi muda milenial, jika kita mau mengulas tentang potensi blog untuk generasi muda tentu akan banyak sekali potensi dan manfaat dari sebuah blog tersebut. Namun sayangnya generasi muda saat ini, atau yang sering disebut dengan "Anak Zaman Now" terkadang cenderung cuek dan tidak mau tahu akan potensi blog, mereka cenderung hanya menjadi penonton saja, tidak mau menjadi pemain. Mereka sering mencari informasi di internet dan membaca beberapa blog, tapi tidak terfikirkan untuk menjadi seorang penulis blog.

Hal diatas mungkin disebabkan karena generasi muda milenial zaman now belum mengetahui apa saja potensi blog untuk generasi muda saat ini, padahal jika mereka sudah mengetahui potensinya, bisa jadi generasi muda saat ini justru akan bisa lebih sukses dan memiliki penghasilan yang luar biasa hanya dari menggeluti dunia blogger. Sebab anak muda saat ini ternyata lebih cerdas dan lebih kreatif jika dibandingkan generasi terdahulu. Belum lagi saat ini kita semakin dimudahkan dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan teknologi digital dengan mudah kita bisa mencari berbagai macam solusi di internet.

Potensi Blog
Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial

Sudah cukup banyak anak muda masa kini yang terbukti sukses menjadi seorang blogger dan youtuber, itu karena mereka sudah mengetahui potensi blog dan dapat memanfaatkan potensi yang ada dalam dirinya untuk dituangkan kedalam blog ataupun youtube, maka jadilah ia seorang blogger dan youtuber, dan berkat kreatifitas, kerja keras, dan ketekunan, mereka sekarang sudah dapat menikmati hasilnya.

Saya sendiri sebenarnya sudah cukup lama mengenal dunia blogger, yaitu sejak tahun 2008an. Sayangnya saat itu saya belum tahu tentang potensi blog yang sesungguhnya, sehingga hanya menggunakan blog sebagai sarana untuk narsis saja. Misalnya dengan menulis puisi kemudian diposting kedalam blog, atau memposting materi dan hasil tugas kuliah. Saat itu saya juga belum mengenal apa itu SEO, belum tahu bagaimana menulis blog yang baik, karena menulis yang baik untuk versi blog, sedikit berbeda dengan menulis yang baik versi cetak.

Menulis yang baik versi blog selain enak dibaca, mudah dipahami, juga harus mengandung unsur SEO agar mudah terindex oleh mesin pencari google. Sedangkan pada saat itu saya hanya menulis asal-asalan saja tanpa memperhatikan unsur SEO. Saya tidak pernah memikirkan apakah tulisan saya tersebut akan muncul dimesin pencari atau tidak, saya juga tidak memikirkan apakah tulisan tersebut lolos copyscape atau tidak. Makanya terkadang saya merasa lucu dan senyum-senyum sendiri saat membaca tulisan-tulisan saya yang dulu.

Seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit saya sudah mulai mengerti tentang potensi blog, bagaimana menulis blog yang baik, dan bagaimana cara optimasi blog yang benar, meskipun sampai saat ini blog saya masih amburadul dan jauh dari kata baik. Itulah sebabnya sampai sekarang saya masih terus belajar bagaimana caranya menjadi seorang blogger yang sukses, karena sampai sekarang pun saya belum bisa memperoleh penghasilan dari blog yang dapat untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Penghasilan blog saya sampai saat ini masih sebatas untuk membeli rokok dan kuota internet saja.

Pengertian Blog dan Blogger

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang potensi blog untuk generasi muda masa kini, saya akan sedikit mengulas terlebih dahulu tentang pengertian blog. Apa itu blog? Dilansir dari situs wikipedia.org, Blog adalah kependekan dari Web Blog, yaitu tulisan yang ditulis dan ditampilkan dalam sebuah aplikasi web sehingga dapat diakses oleh semua orng melalui jaringan internet.

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi internet, blog tidak hanya untuk memuat tulisan saja, tetapi juga dapat memuat gambar, video, musik, dan lain-lain. Bahkan blog juga dapat dijadikan sebagai media periklanan (menampilkan iklan). Nah iklan di blog inilah yang merupakan salah satu potensi blog terbesar yang nanti akan saya ulas lebih dalam postingan ini.

Ada banyak sekali platform blog yang dapat anda gunakan untuk membuat sebuah blog, baik itu yang versi gratisan ataupun versi berbayar. Beberapa platform blog gratisan antara lain adalah blogspot.com, wordpress.com, tumblr.com, dan masih banyak lagi.

Apa itu blogger? Jika blog adalah medianya, maka blogger adalah orangnya. Jadi secara singkatnya blogger adalah orang yang memiliki hobby atau pekerjaa sebagai penulis blog, baik itu blog pribadi (personal blog) ataupun blog kerjasama (kelompok). Personal blog adalah seseorang yang mengelola satu atau beberapa blog secara mandiri, artinya semua artikel ataupun tulisan didalam blog tersebut ditulis sendiri dengan menggunakan gaya bahasa mereka sendiri. Sedangkan blog kelompok adalah beberapa orang yang bekerjasama untuk mengelola sebuah blog. Penulis dalam blog kelompok biasanya disesuaikan dengan bidang atau passion yang dikuasai oleh masing-masing penulis. Jika seorang A menguasai tentang dunia smartphone, maka orang tersebut akan mengisi rubrik (kategori) smartphone dan hanya mengulas seputar smartphone saja. Sedangkan orang B menguasai tentang perbankan, maka orang tersebut hanya akan menulis artikel tentang perbankan yang dimasukkan dalam kategori (rubrik) perbankan, begitu seterusnya hingga terdiri dari beberapa macam kategori yang dipegang oleh masing-masing 1 orang penulis.

Potensi blog omkicau
Blog Omkicau.com
Contoh blog kelompok yang dikerjakan oleh beberapa orang dan sudah bisa dibilang sukses diantaranya adalah blog Maxmanroe.com dan Omkicau.com, sedangkan contoh blog personal yang menurut saya juga sudah terbilang sukses dan mampu bersaing dengan blog kelompok adalah Ciriseo.com dan strukturkode.blogspot.com.

Apa saja potensi blog untuk generasi muda masa kini?


Ada banyak sekali potensi blog yang dapat anda gali dan optimalkan, karena blog tersebut sebenarnya tidak hanya untuk generasi muda saja. Siapapun bisa membuat blog dan memanfaatkan potensi blog untuk kepentingan masing-masing, karena blog itu sifatnya sangat luas sekali dan dapat dioptimalkan sesuai passion masing-masing.

Misalkan anda memiliki passion dibidang otomotif, maka anda dapat membuart blog yang mengulas seputar otomotif. Atau jika anda seorang guru atau tenaga pendidik, maka anda bisa membuat blog yang mengulas seputar pendidikan dan pelajaran sekolah, dan masih banyak lagi, asalkan yang sesuai dengan passion anda, jika anda kerjakan secara sungguh-sungguh, maka peluang anda untuk berhasil sangat besar sekali.

Apa saja potensi blog untuk generasi muda milenial pada khususnya dan untuk masyarakat pada umumnya? Silahkan anda simak ulasan berikut ini:

1. Blog mengajarkan kita untuk gemar membaca

Seorang blogger yang baik dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas, sedangkan pengetahuan tersebut dapat diperoleh melalui beberapa cara, yaitu diantaranya melalui membaca dan melalui pengalaman hidup sehari-hari. Membaca adalah cara paling mudah dan murah untuk menambah pengetahuan, karena dengan membaca kita dapat mengetahui berbagai macam hal dan peristiwa tanpa harus melihat secara langsung peristiwa tersebut.

Seperti kata pepatah bahwa "Buku adalah jendela ilmu", jadi semakin banyak membaca buku maka akan semakin banyak pula ilmu dan pengetahuan yang akan diperoleh. Meskipun sekarang ini, membaca tidak harus melalui media buku, karena kita dapat membaca dan memperoleh berbagai macam informasi dari internet yang ditulis oleh para blogger, surat kabar online, dan media online lainnya.

2. Blog mengajarkan kita untuk suka menulis dan pandai menulis

Syarat  utama seorang blogger adalah harus suka menulis, karena jika sudah memiliki minat dalam hal menulis, lama-kelamaan akan menjadi terbiasa menulis, jika sudah terbiasa maka biasanya akan menjadi pandai menulis. Jika sudah pandai menulis, maka anda akan merasa nyaman saat menulis, tidak lagi pusing dan bingung mau menulis apa.

Untuk seorang blogger pemula mungkin sering merasa malu dan bingung akan menulis tentang apa, malu untuk mengutarakan isi fikiran kedalam tulisan yang nantinya akan dibaca oleh banyak orang. Takut kalau tulisannya jelek dan diejek oleh pembaca, atau takut kalau tulisannya salah dan tidak bisa memberikan manfaat untuk pembaca. Untuk menjadi seorang blogger, anda harus bisa melawan rasa takut dan rasa malu tersebut, tuliskan saja apa yang ada didalam fikiran anda, karena lama kelamaan nanti anda akan terbiasa dan mulai timbul rasa percaya diri untuk mengungkapkan isi kepala kedalam tulisan sehingga anda tidak akan malu lagi.

Menulis blog memang agak sedikit berbeda dengan menulis dibuku, karena tulisan didalam blog haruslah mengandung unsur SEO (Search Engine Optimation). Jadi dengan menjadi blogger secara tidak langsung akan mengajarkan kepada anda cara menulis blog yang benar, sehingga anda akan menjadi seorang yang suka menulis dan bahkan pandai menulis.

3. Blog membuat anda menjadi terkenal atau dikenal banyak orang

Salah satu potensi blog yang cukup hebat adalah mampu membuat anda menjadi orang yang terkenal. Sudah banyak orang yang tiba-tiba menjadi terkenal dan bahkan menjadi publik figur hanya gara-gara blog. Salah satu contohnya adalah Agus Mulyadi, atau yang sering dipanggil Gus Mul. Seorang pemuda asal Magelang yang mendadak menjadi terkenal dan diundang dibeberapa acara talkshow di beberapa stasiun TV swasta karena kepandaiannya dalam menulis blog dan mengedit foto.

Selain itu ada juga Raditya Dika yang selama ini kita kenal sebagai standup komedian, pemain film, pembawa acara, juri standup comedy, penulsi buku, penulis skenario, bintang iklan, youtuber, dll. Siapa sangka jika seorang raditya dika sebelumnya adalah seorang blogger yang menulis dengan gaya bahasa dan karakter yang berbeda dengan blogger pada umumnya.

Jika anda sudah terkenal seperti Agus Mulyadi dan Raditya Dika maka dengan sangat mudah anda akan mendapatkan relasi. Anda akan disukai banyak orang (penggemar) dan yangpaling penting tentunya pendapatan atau penghasilan akan bertambah, bahkan menjadi orang kaya.

4. Blog sebagai media promosi

Jika anda memiliki sebuah usaha (bisnis) baik itu yang berbasis online ataupun offline, maka anda dapat memanfaatkan potensi blog sebagai media promosi dari bisnis atau usaha tersebut. Sebab saat ini pengguna internet di Indonesia bisa dikatakan yang terbesar di dunia, jadi hampir mayoritas penduduk indonesia, khususnya yang tinggal dikota besar seperti Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Medan, dan lainnya sudah memiliki akses internet.
potensi blog sebagai media promosi
Blog jasa cuci sofa

Hal tersebut diatas tentunya harus kita manfaatkan untuk meningkatkan usaha, yaitu dengan menggunakan blog sebagai sarana untuk promosi. Sebagai contoh anda memiliki toko baju, maka anda bisa membuat sebuah blog yang berbasis toko online baju dan pakaian, sehingga orang dapat membeli pakaian anda secara online. Dengan demikian maka penjualan akan meningkat dua kali lipat, karena selain anda menjual baju secara offline ditoko, anda juga menjual baju secara online melalui blog.

Contoh yang lainnya adalah, misalkan anda memiliki usaha jasa cuci sofa, dan anda bingung bagaimana cara mempromosikan atau memasarkan jasa cuci sofa tersebut agar diketahui oleh banyak orang. Jika anda melakukan promosi melalui radio atau banner iklan dipinggir jalan tentu harganya sangat mahal sekali. Maka anda bisa mencoba untuk mempromosikan jasa cuci sofa tersebut melalui sebuah blog, sehingga ketika ada orang yang hendak membutuhkan jasa cuci sofa, mereka akan mencarinya di google, dan jika blog anda muncul pada halaman pertama, maka peluang bisnis cuci springbed anda pasti akan kebanjiran order.

5. Blog sebagai sarana untuk memperoleh penghasilan

Ini pasti point yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang, yaitu potensi blog untuk memperoleh penghasilan (uang), karena setiap orang pasti butuh uang, salah satu alasan orang bekerja pasti agar memperoleh uang, dan alasan utama orang membuat blog pasti adalah agar memperoleh uang (penghasilan).

Bagaimana blog bisa menghasilkan uang? Pertanyaan tersebut pasti sering muncul dibenak mereka yang belum tahu tentang potensi blog, karena mereka belum terjun secara langsung untuk mengelola blog, mereka hanya sekedar mendengar orang bercerita yang hanya setengah-setengah saja, dan tidak dijelaskan secara rinci, hasilnya mereka akan terus bertanya-tanya dalam hati tanpa memperoleh solusi yang pasti.

Syarat utama agar blog bisa menghasilkan uang adalah blog tersebut harus sudah memiliki banyak konten dan sudah dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya. Sedangkan untuk memiliki blog yang memiliki banyak konten dan banyak dikunjungi orang setiap hari tidaklah mudah, butuh waktu dan proses yang cukup lama (tidak instant). Tapi asal anda bersungguh-sungguh, maka saya jamin pasti bisa memiliki blog dengan kriteria tersebut.

Jika blog sudah memiliki banyak konten dan sudah banyak dikunjungi orang setiap harinya, maka langkah selanjutnya anda harus memonetize blog tersebut, artinya anda harus mendaftarkan blog tersebut ke media periklanan seperti google adsense dan chitika. Sampai saat ini google adsense masih menjadi primadona bagi para blogger untuk menghasilkan uang, bahkan tidak sedikit yang sukses mampu menghasilkan jutaan atau bahkan milyaran rupiah dari google adsense.

Google adsense adalah media periklanan miliki google, yang mana jika anda sudah diterima sebagai publisher adsense, maka anda dapat memasang iklan milik google adsense kedalam blog tersebut. Jika ada orang yang mengklik iklan adsense didalam blog tersebut, maka secara otomatis anda akan memperoleh uang (komisi) dari media periklanan google adsense. Semakin banyak orang yang menunjungi blog anda, maka peluang untuk memperoleh klik iklan akan semakin banyak pula. Jika banyak orang yang mengklik iklan, maka secara otomatis penghasilan (uang) yang anda dapatkan akan semakin banyak pula.

Selain google adsense, anda juga dapat memanfaatkan potensi blog sebagai media periklanan mandiri. Artinya jika blog anda sudah ramai dikunjungi orang, tidak menutup kemungkinan ada orang atau perusahaan yang akan menawarkan kerjasama. Biasanya mereka akan menitipkan iklan banner didalam blog anda, dan anda tinggal membuat perjanjian dan menentukan tarif berapa ratus ribu atau berapa juta harga setiap iklan yang dipasang di blog tersebut.

6. Blog sebagai tempat untuk berbagi ilmu dan pengetahuan

Keuntungan seorang blogger selain ia memperoleh penghasilan juga, ia juga memperoleh pahala dari berbagi ilmu dan pengetahuan kepada orang banyak. Jika blog anda dibaca oleh banyak orang dan memberikan manfaat bagi orangyang membacanya, maka mudah-mudahan hal tersebut bisa menjadi sumber pahala bagi anda, karena seperti kata orang bijak, kalau tidak salah bunyinya seperti ini "Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain".

Akan tetapi meskipun demikian tidak sedikit pula blogger yang konteksnya hanya untuk memperoleh penghasilan saja, jadi ia hanya mengejar uang saja tanpa memperhatikan isi dan manfaat dari tulisan yang ia posting di blog. Contohnya adalah blogger yang suka copy paste atau blogger yang menuliskan tulisan-tulisan yang berbau p0rn09rafi, SaR@, Ho@X, ujaran kebencian, fitnah, dan lain sebagainya seperti yang sering kita baca dimedia sosial.

7. Blog sebagai Diary atau buku catatan harian

Meskipun banyak blogger yang memanfaatkan potensi blog sebagai ladang untuk memperoleh uang, tetapi ada juga blogger yang secara sukarela menulis tanpa mengharapkan uang. Hal tersebut biasanya terjadi pada orang-orang yang sudah sukses dan memiliki penghasilan yang cukup banyak, atau orang-orang yang ingin hanya mengharapkan popularitas saja, karena sudah memiliki banyak uang, misalnya seperti artis, public figure, caleg partai, seniman, dan lain-lain, meskipun tidak menutup kemungkinan orang biasa (mahasiswa, anak sekolah) yang juga menulis blog hanya sebagai catatan harian saja.

Sebab hal tersebut juga perbah terjadi pada diri saya sendiri seperti yang telah saya singgung diatas, yaitu pada saat saya masih kuliah dan baru pertama kali mengenal blog, saya tidak pernah berfikir untuk mendapatkan uang dari blog. Saya hanya menjadikan blog tersebut sebagai kesenangan saja, alhasil saya lebih banyak mengotak-atik tampilan blog, membuat blog menjadi warna-warni, menambahkan widget musik, widget gambar, dari pada menulis posting. Dan sekarang saya tahu ternyata widget-widget tersebut justru membuat loading blog menjadi lambat, makanya sekarang blog saya sudah terbebas dari widget-widget yang tidak terlalu penting, jadi maklum jika blog ini terkesan sangat sederhana sekali.

Kira-kira masih ada lagi tidak ya potensi blog untuk generasi muda milenial masa kini yang belum saya tuliskan? Sepertinya masih banyak potensi blog yang dapat kita gali bersama, dan ulasan ini hanya sebagian kecil saja dari potensi blog yang ada. Semoga kita dapat memanfaatkan potensi blog sehingga bisa menjadi orang yang terkenal atau orang yang kaya raya hanya karena mendalami dunia blogging. Sekian dan semoga bermanfaat.



Demikianlah Artikel Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial

Sekianlah artikel Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial dengan alamat link https://kodebankbnisyariah.blogspot.com/2018/02/potensi-blog-untuk-generasi-muda.html
Potensi Blog Untuk Generasi Muda Milenial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hayam Wuruk